BNPB Gelar Pendampingan Penggunaan Wahana Nirawak

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

Majalengkapos.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan menggelar pendampingan pengelolaan data dan sistem informasi serta sertifikasi pilot drone seluruh Indonesia. Kegiatan digelar di Ole Hotel Sentul Bogor, Jawa Barat pada 14 sampai dengan 17 Maret 2023.

Pendampingan ini diberikan kepada Organisasi Perangkat Daerah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten/Kota dan Provinsi seluruh Indonesia.

Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Sistem Informasi BNPB, Teguh Harjito, mengungkapkan jika kegiatan bertujuan untuk memperoleh data kaji cepat pada saat terjadi bencana terutama pada fase tanggap darurat.

“Apa yang akan kita segera lakukan adalah mencoba mempelajari bagaimana proses pengelolaan data bencana dan pemanfaatan drone untuk kaji cepat pada saat terjadi bencana dapat menghasilkan suatu output untuk dasar para pengambil kebijakan dalam membuat keputusan untuk penanganan bencana secara cepat,” ujar Teguh dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/3/2023) dikutip dari Infopublik.

Penggunaan Pesawat Udara Tanpa Awak ini sudah menjadi salah satu pilihan tepat untuk membantu dalam analisis dokumentasi berupa foto dan video kondisi dilapangan dengan cepat dan efisien.

Tentunya dengan informasi tambahan berupa titik koordinat lokasi kejadian menjadi salah satu data pendukung yang dibutuhkan dalam mengambil kebijakan sebuah keputusan pada saat terjadi bencana.

Teguh menambahkan, hasil dari drone ini selain untuk kaji cepat juga dapat sebagai penyaji data untuk para pengambil keputusan serta bahan publikasi ke media massa.

“Drone ini dapat melakukan kaji cepat dan pengelolaan data secara tepat sampai dengan menyajikannya untuk para pengambil keputusan serta untuk bahan publikasi ke media massa,” tambah Teguh

Pengetahuan dan pemahaman aturan yang berlaku dalam menerbangkan wahana nirawak juga dibekali bagi para peserta. Hal ini menjadi dasar sehingga pemanfaatan teknologi dalam kebencanaan menjadi optimal.

Pemahaman aturan dalam menggunakan drone sangat penting karena berkaitan dengan keamanan publik. Dalam hal perizinan sebelumnya dapat berkoordinasi dengan institusi yang berwenang dan unit pelayanan navigasi penerbangan untuk mendapatkan batas terbang yang diperbolehkan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Sistem Informasi BNPB Teguh Harjito, Plt. Kalaksa BPBD Kabupaten Bogor Asep Sulaiman, Ketua Asosiasi Pilot Drone Indonesia M. Akbar Mawran, dan seluruh peserta dari BPBD Kabupaten/Kota se-Indonesia.

By Jamaludin Al Afghani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait